Jamur Tiram
Jamur Tiram

Tips Menghilangkan Aroma tak sedap di Jamur tiram

Posted on

Jamur Tiram merupakan salah satu alternatif lauk pengganti bagi siapapun yang merasa bosan dengan olahan ayam, ikan, atau daging. Selain kandungan gizinya yang tinggi, jamur juga memiliki rasa yang nikmat. Di tangan orang yang ahli, jamur tiram bisa disulap menjadi aneka hidangan lezat. Berbagai olahan dari jamur diciptakan mulai dari sate, pepes, oseng jamur dan sebagainya.

Salah satu kendala dalam mengolah jamur yang enak adalah bau tak sedap yang terdapat pada jamur. Bau khas yang mirip kayu tersebut membuat beberapa orang enggan mengolah dan mengonsumsi jamur. Sayang sekali bukan, hanya karena masalah sepele, Anda harus rela mengabaikan jamur tiram putih yang kaya gizi.

Sebenarnya apa kelebihan jamur tiram ini? Jamur tiram merupakan bahan makanan yang memiliki penyedap alami sehingga tanpa perlu tambahan bumbu apapun, olahan jamur akan tetap nikmat disantap. Selain itu, jamur mengandung nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat jamur untuk kesehatan, yakni melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Hal itu karena dalam jamur terkandung protein, mineral, vitamin, asam amino, antibiotik alami dan antioksidan.

Tips Menghilangkan Aroma tak sedap pada Jamur tiram adalah sebagai berikut :

  1. Pilihlah jamur tiram yang masih baru dan segar

Agar olahan jamur lebih nikmat, pastikan Anda memilih jamur yang baru dan segar. Ciri-ciri jamur masih baru dan segar, antara lain : berwarna putih bersih, tidak berair, bentuknya masih mekar sempurna.

  1. Cuci jamur hingga bersih

Anda harus mencuci jamur hingga bersih. Jangan lupa buang bagian pangkal jamur (akar), karena bagian tersebut yang memiliki aroma tak sedap yang paling kuat.

  1. Rendam jamur ke dalam air garam

Merendam jamur pada air garam selama 10 menit akan membantu memastikan jamur dalam kondisi higienis dan bebas dari serangga/kotoran.

  1. Kukus dan rebus

Setelah dicuci dan ditiriskan, Anda bisa mengukus jamur dalam waktu 10-15 menit. Mengukus akan membantu menghilangkan bau aneh pada jamur. Selain mengukus, Anda juga bisa merebus jamur sebentar, baru kemudian memeras agar baunya larut dalam air.

Setelah selesai dikukus, Anda bisa mengolah jamur sesuai selera. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. SEMOGA BERMANFAAT!!!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *