Hati - Hati Penipuan

Tips Mencegah Penipuan On Line dengan menggunakan Foto – foto anggota Polri di Facebook

Posted on

Facebook merupakan media sosial yang sangat di sukai masyarakat dan hampir sebagian masyarakat di dunia mempunyai akun facebook. Media sosial memang sangat bagus untuk bersosialisasi, apalagi untuk usaha yaitu jual beli on line. Facebook memang salahsatu media sosial yang terbaik tetapi di sayangkan adapula yang memanfaatkannya untuk sesuatu yang kurang baik, banyak sekali penipuan yang terjadi melalui media sosial facebook.

Penipuan yang saat ini masih sering terjadi adalah penipuan dengan menggunakan atribut ataupun foto – foto anggota polri. Penipuan biasanya dilakukan dengan mengaku sebagai anggota polri di dalam aku facebooknya sehingga orang yang melihat profil akan menjadi segan dan kagum dengannya. Kebanyakan yang sering tertipu adalah kaum hawa dimana mereka akan sangat senang ketika dapat dekat dengan laki – laki yang notabennya adalah anggota Polri dan kesempatan ini di gunakan oleh Sang penipu untuk menggasak uang dan seringpula mengambil keperawanan dari sang hawa.

Penipuan juga dapat terjadi dengan memberikan janji untuk masuk atau menjadi anggota Polri dengan membayar sejumlah uang sebagai uang mahar agar perjalanan atau proses penerimaan lancar. Penipuan memang akan datang dengan berbagai cara olehkarena itu kita harus lebih berhati – hati.

Tips Mencegah Penipuan On Line dengan menggunakan Foto – foto anggota Polri di Facebook
  • Lihat teliti nama dan pangkat

ketika kita akan mengkonfirmasi pertemanan yang anggota polri yang belum kita kenal , alangkah baiknya kita lihat profilnya dahulu serta lihat nama di foto dan pangkat yang ada di pakaian dinasnya apakah sesuai dengan aturan yang ada di kepolisian.

  • Perhatikan Kualitas Foto yang di upload

Kualitas Foto yang di upload jika asli maka akan mempunyai kualitas gambar yang bagus, akan berbeda ketika kita mengupload foto yang menggunakan copy paste atau di ambil dari akun orang lain. karena copy paste biasanya mempunyai kualitas foto yang rendah dan kurang berkualitas.

  • Perhatikan Badge Lokasi tempat bertugas.

Badge Lokasi berada di lengan sebelah kiri pakaian dinas Polri, jikalau badge tidak jelas lebih baik jangan di konfirmasi dulu hingga menunggu ada foto yang menampilkan foto yang menampilkan badge lokasi yang jelas.

  • Ketika kita mengkonfirmasi pertemanan

Alangkah baiknya ketika kita berhati – hati walaupun akun sudah di konfirmasinya. Alangkah baiknya ketika kita waspada dengan teman yang berada di dunia maya. 100% Harus waspada.

  • Pastikan / Cek Lokasi tempat kerja

gunakan google search untuk mengetahui lokasi kerja, nomer telepon dimana dia mengaku bertugas. telfon polsek ataupun polres dimana dia mengaku bertugas dan tanyakan kebenaran dari orang yang menerima telfon.

  • Lakukan Video Call

Video Call merupakan salah satu teknologi yang dapat kita manfaatkan karena kita depat melihat orang yang kita telfon. Kita dapat memintanya melakukan video call ketika di kantor dengan background suasana kerja di kepolisian dan dengan memakai pakaian seragam yang komplit sehingga kita dapat membandingkan pakaian seragam yang dipakai dengan foto yang sudah di upload dan serta apakah sama wajah di foto dengan yang di aslinya.

  • Waspadai ketika akun mulai meminta ataupun meminjam uang.

Kita harus lebih berhati – hati ketika akun yang mempunyai foto – foto sebagai Anggota Polri tersebut sudah memulai meminta uang ataupun meminjam uang. Kita jangan sampai memberikan dengan alasan apapun karena anggota Polri yang asli tidak boleh meminta uang dari masyarakat dalam bentuk apapun sebab tindakan tersebut melanggar peraturan disiplin, kode etik profesi Polri.

Semoga artikle ini dapat bermanfaat untuk menghindari penipuan On Line dengan menggunakan Foto – foto anggota Polri di Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *