Ujian Nasional

Strategi Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Ala Pipit Ariyantho Kesdoe

Posted on

Ujian Nasional

Sistem pendidikan di Indonesia masih menggunakan sistem Ujian  Nasional yang saat ini menjadi momok atau ketakutan dari Peserta didik karena beberapa tahun yang lalu Sistem Ujian Nasional adalah penentu dari kelulusan dari peserta didik setelah belajar selama kurang lebih 3 tahun hingga banyak sekali peserta didik yang mengalami STRESS dikarenakan moment ujian nasional. Strategi Belajar merupakan salah satu solusi untuk menghadapi ujian nasional agar kita dapat lulus dan mendapatkan nilai yang bagus.

Ujian Nasional yang sekarang ini di terapkan adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ). Meskupun tidak semua di Indonesia melakukan Ujian Nasional dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer dikarenakan sistem Ujian Nasional berbasis komputer harus di tunjang dengan sarana prasarana yang sudah memadai salahsatunya adalah perangkat komputer yang sudah sesuai dengan spesifikasi yang ada. Ujian Nasional dengan sistem biasa dilakukan karena fasilitas yang ada di wilayahnya belum memadai ataupun SDM nya belum siap untuk melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK )

Ujian Nasional Berbasis Komputer mempunyai keuntungan yaitu kita dapat mengurangi budget untuk pengadaan soal dan penggandaan serta mobilisasi dari soal juga memerlukan energi ekstra tetapi dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer kita hanya menyiapkan diri dan fasilitas yang ada. Tetapi kelemahannya adalah bagi peserta didik yang kurang dapat menguasai komputer dan menggunakan mouse nya. Ujian Nasional Berbasis Komputer memang ada nilai positif dan Negatifnya tetapi yang paling dari Ujian Nasional adala strategi kita untuk menghadapinya. Saat ini Pipit Ariyantho Kesdoe akan memberikan Strategi Belajar menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Ala Pipit Ariyantho

Strategi Belajar Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Ala Pipit Ariyantho

Strategi belajar setiap orang berbeda – beda tetapi kita harus ambil positifnya saja dan yang negatif di buang jauh – jauh atau disimpan sebagai referensi untuk di tempatkan ke sesuatu momen yang tepat. Strategi Belajar Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Ala Pipit Ariyantho adalah :

  • Kuasai Semua materi Sebelum waktu Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK )

Materi belajar yang akan di ujiankan adalah dari kelas satu sampai dengan kelas tiga oleh karena itu kita harus ekstra dalam belajar sehingga jikalau bisa satu bulan sebelum Ujian Nasional kita sudah menguasai materi dari semua kelas.

  • Latihan menggunakan Komputer

Komputer memang sudah menjadi barang yang bukan mewah lagi tetapi belum semua orang dapat menguasai dalam penggunaan dari komputer oleh karena itu kita harus membiasakan diri untuk menggunakannya. Sebelum Ujian Nasional Berbasis Komputer kita harus tahu komputer yang digunakan apakah Laptop atau Komputer Desktop atau komputer meja dikarenakan kebanyakan orang tidak dapat menguasai mouse ketika sudah terbiasa dengan touchpad begitupula sebaliknya , karena terbiasa dengan mouse sehingga tidak dapat menguasai touchpad. Latihan menggunakan komputer sangat disarankan untuk penunjang dari kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

  • Berdoa Sebelum Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK )

Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah sistem yang di terapkan oleh pemerintah untuk menjadi salahsatu penentu kelulusan dari Peserta didik. Tetapi yang paling utama adalah ketika kita akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah Berdoa, karena berdoa adalah essence dari semuanya.

  • Dengarkan dan Patuhi Instuktur

Ujian Nasional Berbasis Komputer nantinya akan ada yang memandu atau Instrukturnya. Alangkah baiknya kalau kita mendengarkan serta mengikuti apa yang di perintahkan oleh Instruktur. ketika kita tidak tahu ataupun bingung dalam aplikasi yang ada, lebih baik menanyakan langsung ke instruktur.

  • Kerjakan Soal dengan teliti dan Jangan Tergesa- gesa.

Soal Ujian Nasional kadangkala membuat kita bingung  sehingga kita akan menjadi stress di buatnya serta ketika kita tergesa – gesa akan membuat kita tidak teliti dan melakukan kesalahan. Kerjakan Soal dengan Teliti dan tidak tergesa – gesa merupakan langkah yang baik dan mengurangi kesalahan yang timbul.

  • Kerjakan Soal yang Mudah terlebih dahulu

Kenapa kita harus mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu ? di karenakan jikalau kita mengerjakan soal yang sulit dahulu kemudian mengerjakan soal yang mudah maka akan terjadi sesuatu yang tidak kita duga yaitu kesalahan fatal. Karena ketika kita mengerjakan soal yang sulit maka waktu yang di gunakan juga banyak sehingga ketika kita akan mengerjakan soal yang mudah waktu yang ada akan habis, ketika waktu akan habis kita cenderung tidak focus dan melakukan banyak kesalahan sehingga soal mudah menjadi soal yang sulit karena di buru waktu.

Semoga Strategi Belajar Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Ala Pipit Ariyantho dapat bermanfaat serta di terapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *