PKBM Sendang Kawruh
Pkbm Sendang Kawruh

PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ( PKBM ) SENDANG KAWRUH

Posted on

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat adalah salah satu Program Pendidikan Non Formal ( PNF )  yang dirancang untuk memberdayakan masyarakat utamanya warga masyarakat yang kurang beruntung, yaitu masyarakat yang penghasilannya belum dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari, pengangguran dan mereka yang  tidak mengikuti pendidikan formal karena berbagai hal. Antara lain faktor ekonomi, lingkungan dan sosial budaya..Melalui program PNF ini diharapkan masyarakat dapat menyelesaikan pendidikan dasar dan melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ini akan sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk masyarakat / warga belajar.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Sendang Kawruh Mempunyai visi dan misi yang sangat mulia, yaitu :

VISI

  • Pendidikan dalam segala Bidang & Usia
  • Sumber Daya Manusia yang berkualitas di Era Globalisasi
  • Teknologi yang selalu berkembang dlm setiap Era
  • Kurangnya Minat & Sarana Belajar untuk Masyarakat
  • Pendidikan Merupakan Modal Besar dalam Hidup

 MISI

  • Memberikan Ketrampilan & Keahlian dalam segala Bidang
  • Peningkatan Ekonomi Masyarakat
  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi
  • Penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun
  • Memberikan Pelayanan Pendidikan kepada Masyarakat

PKBM Sendang Kawruh didirikan pada tanggal 15 Juni 2006 di mana di kelola oleh Pipit Ariyantho Dwi Koesoemo Kesdoe, Lokasi Pembelajaran berada di SD-MI AL HIKMAH Jl. Gayamsari Selatan No.4.

Program-program yang di selenggarakan yaitu Kejar Paket A setara SD, Kejar Paket B setara SMP, Kejar Paket C setara SMA, Keaksaraan Fungsional ( Buta Aksara ), Kursus dll.

Sumber Dana untuk Operasional PKBM Sendang Kawruh didapatkan dari Swadaya Masyarakat yang berfungsi untuk meningkatkan sarana prasarana dari PKBM serta sebagai dana pendamping untuk pelaksanaan program ketrampilan yang ada.Dana yang ada diperuntukkan tidak hanya untuk kepentingan PKBM Sendang Kawruh saja tetapi PKBM yang lain dimana mereka memerlukan bantuan serta dapat saling menguntungkan dalam peningkatan program kegiatan.Dana yang diperoleh dari pemerintah diperuntukkan sebagaimana mestinya.

Pemerintah Kota Semarang sangat mendukung semua kegiatan yang bersifat positif dimana tujuannya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) dari warga kota semarang khususnya, sehingga dapat meningkatkan pamor dari kota semarang dari kota – kota yang lain. Dukungan dari masyarakat sekitar kegiatan dapat dilihat dari keharmonisan hubungan antara mereka dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Sendang Kawruh. Tidak hanya itu Dukungan masyarakat ditunjukkan dengan memberikan sarana prasarana milik yayasan Pendidikan yang dimiliki oleh tokoh masyarakat dari lingkungan PKBM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *