PKBM Bangkit
PKBM Bangkit

PKBM BANGKIT dari, oleh, dan Untuk Masyarakat

Posted on

Pusat Kegiatan Belajar Mayarakat di bentuk dari prakarsa masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat sering di sebut dengan PKBM. dimana PKBM adalah lembaga sosial mayarakat yang menangani bidang pendidikan. Pendidikan yang di tangani oleh PKBM merupakan Pendidikan Non Formal yang salah satunya adalah Kejar Paket. Tetapi Kebanyakan masyarakat hanya tahu bahwa Pendidikan Non Formal hanyalah Kejar Paket padahal Cakupan Pendidikan Non Formal itu luas. Beberapa contoh Pendidikan Non Formal yaitu playgroup, Lembaga Kursus.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kota Semarang saat ini ada banyak sekali. salahasatunya adalah PKBM Bangkit yang lokasinya di kecamatan Ngaliyan. PKBM Bangkit di prakarsai oleh beberapa tokoh pemuda yang mempunyai pemikiran yang mulia, dimana tujuannya adalah agar masyarakat sadar pendidikan. saaran dari PKBM Bangkit adalah masyarakat di Kecamatan Ngaliyan Khususnya dan Warga Negara Indonesia Umumnya.

Beberapa Tokoh Pemuda yang memprakarsai Berdirinya PKBM Bangkit Adalah M. Arif Hartanto, A.Ma, Agung Riyantomo ST, Hadi Suprayitno S.Pd.I dan beberapa yang lainnya. Mereka Bekerjasama untuk mewujudkan agar PKBM ini terwujud. tak di pungkiri untuk mendirikan PKBM ini mereka mengeluarkan uang dari saku mereka sendiri karena tidak adanya donatur dalam kegiatan ini tetapi ini semua tidak menyurutkan keinginan mereka agar masyarakat cerdas dan mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Sebenarnya apasih yang mereka dapat dari kegiatan sosial masyarakat ini ?. apakah uang, Ketenaran, Pujian. saya rasa semuanya itu tidak di perlukan oleh mereka. Karena dari pemrakarsa PKBM Bangkit mereka sudah mendapatkan itu semua. Hadi Suprayitno, dia sudah mempunyai semua itu, uang ataupun Ketenaran dia sudah mempunyai itu. Agung Riyantomo dimana notabennya dia adalah seorang dosen dan Ketua Program di salah satu Universitas Swasta di Semarang. Mereka mempunyai semuanya tetapi tetap saja ingin mendirikan PKBM Bangkit.

PKBM Bangkit didirikan untuk mereka yang membutuhkan pendidikan, Ketrampilan dll. PKBM Bangkit Tidak hanya untuk yang kaya ataupun yang miskin, tetapi untuk mereka yang membutuhkan PKBM Bangkit Sebagai Rumahnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *