Muatan Life Skill
Muatan Life Skill

Muatan Life Skills dalam Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan

Posted on

Muatan Life Skills dalam Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan

 Life skills merupakan orientasi pembelajaran yang bertujuan agar setiap komponen pembelajaran mengikuti tuntutan orientasi tersebut. Pendidik berusaha merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan menilai hasil pembelajaran dengan selalu berorientasi kepada life skills, sedangkan peserta didik menyiapkan dirinya untuk belajar dan menguasai kecakapan hidup (life skills) agar dapat hidup mandiri atau berkemampuan dengan optimalisasi pemanfaatan potensi/sumber daya diri dan lingkungannya.

Life skills sebagai muatan/materi pembelajaran bukanlah materi tersendiri yang menambah jumlah kajian/mata pelajaran yang ada selama ini. Tetapi life skills berintegrasi (luluh) dalam mata-mata pelajaran yang ada. Orientasi life skills harus dimiliki oleh setiap komponen pembelajaran, terutama pendidik.

Konsep Dasar Life Skills

 Konsep dasar life skills diawali dengan kondisi-kondisi bangsa Indonesia terutama di dunia pendidikan, yang memunculkan kebijakan pendidikan life skills.

Dalam memasuki abad ke-21, dunia pendidikan di Indonesia menghadapi tiga tantangan besar; Pertama, sebagai akibat dari krisis ekonomi, dunia pendidikan dituntut untuk dapat mempertahankan hasil-hasil pembangunan pendidikan yang telah dicapai. Kedua, untuk mengantisipasi era globalisasi, dunia pendidikan dituntut untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten agar mampu bersaing dalam pasar kerja global. Ketiga, sejalan dengan diberlakukannya otonomi daerah, perlu dilakukan perubahan dan penyesuaian sistem pendidikan nasional sehingga dapat mewujudkan proses pendidikan yang lebih demokratis, memperhatikan keragaman kebutuhan/keadaan daerah dan peserta didik, serta mendorong partisipasi masyarakat.

Menurut Broling (1989) “life skills’ adalah interaksi berbagai pengetahuan dan kecakapan yang sangat penting dimiliki oleh seseorang sehingga mereka dapat hidup mandiri. Menurut Kent Davis (2000:1) Kecakapan hidup adalah “manual pribadi” bagi tubuh seseorang.

Kecakapan hidup dipilah menjadi empat jenis, yaitu :

  1. Kecakapan personal (personal skills) yang mencakup kecakapan mengenal diri (self awareness),dan kecakapan berfikir rasional (thinking skills)
  2. Kecakapan sosial (social skills)
  3. Kecakapan akademik (academic skills)
  4. Kecakapan vokasional (vocational skills)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *