Makanan Yang Baik Buat Penderita Diabetes
Makanan Yang Baik Buat Penderita Diabetes

Makanan yang Bagus Buat Penderita Diabetes

Posted on

Makanan yang Bagus Buat Penderita Diabetes

Diabetes Militus atau sering disebut penyakit kencing manis, Penderita Diabetes Militus atau sering desebut diabet di tuntut untuk dapat mengelola pola makannya. terutama jenis makanan, jumlah makanan ( kalori ) dan jadwal makan.

Penderita Diabetes sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat serta mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh tanpa mengakibatkan kadar gula menjadi tinggi. Makanan yang Bagus buat Penderita Diabetes adalah :

  • Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane yang dapat melindungi serta memperbaiki dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskuler yang disebabkan oleh Diabetes. Sulforaphane juga dapat memicu proses anti inflamasi, dapat meningkatkan proses detoksifikasi, Mengontrol kadar gula darah serta meningkatkan enzim yang berfungsi untuk anti kanker.

  • Oat Meal

Oat Meal kaya akan magnesium yang dapat membantu tubuh untuk memanfaatkan glukosa dan mensekresi insulin dengan sangat baik. Oat Meal mengandung karbohidrat serta serat larut yang tinggi, Serat Larut yang tinggi akan lebih lama di cerna dalam tubuh sehingga kadar gula dalam tubuh dapat terkontrol.

  • Buah – buahan Kaya Serat dan vitamin C

Buah – buahan yang mengandung serat tinggi akan membantu mengontrol gula darah serta buah kaya vitamin C mempunyai kandungan glukosa alami sehingga tidak membuat gula darah naik.

  • Bayam

Sayuran berdaun hijau mengandung banyak vitamin K, magnesium, Folat, Fosfor, Potasium, serta Seng.Bayam juga mengandung berbagai kandungan flavonoid.

  • Ubi Jalar

Ubi Jalar mempunyai kandungan antosianin, senyawa yang termasuk dalam anti oksidan yang bermanfaat sebagai zat anti peradangan, anti mikroba dan anti viral. Ubi Jalar mempunyai kandungan lebih rendah dari kentang serta kaya akan serat dan vitamin A.

  • Ikan

Ikan tidak hanya kaya akan protein tetapi juga mengandung Omega 3 yang membantu pencegahan peradangan. Protein membuat kita kenyang terasa lama . Inflamasi dalam tubuh dapat memperburuk kondisi orang yang terkena diabetes. Berdasarkan penelitian ketika tubuh mengandung banyak asam omega 3 maka akan beresiko rendah terkena inflamasi.

  • Cokelat Hitam

Cokelat HItam mempunyai kandungan flavonoid yang dapat mempercepat pengolahan glukosa dalam darah dan dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Cokelat Hitam tidak sama dengan cokelat yang beredar pada umumnya Oleh karena itu jangan sampai keliru.

  • Kayu Manis

Kayu Manis mengandung banyak kromium, kromium yaitu mineral yang dapat meningkatkan efek dari insulin. Kayu Manis juga mengandung polifenol yang merupakan anti oksidan untuk melawan radikal bebas serta mampu menurunkan inflamasi.

  • Tomat

Buah Tomat dapat berfungsi untuk pencegahan penggumpalan darah yang di akibatkan oleh diabetes. Penggumpalan darah ini dapat mengakibatkan komplikasi seperti serangan jantung, stroke.

  • Susu Rendah Lemak dan Yoghurt

Penderita Diabetes Tipe 2 karena timbunan lemak jahat sehingga tubuh menjadi tidak peka terhadap insulin. aoleh Karena itu penderita diabetes tipe 2 memnuhi kebutuhan lemak baik, vitamin D dan kalsium dengan mengkonsumsi susu rendah lemak dan yoghurt.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *