Lomba Tata Upacara Bendera
Lomba Tata Upacara Bendera

LOMBA TATA UPACARA BENDERA (LTUB) TINGKAT SD DAN SMP SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2016

Posted on

Lomba Tata Upacara Bendera Tingkat SD dan SMP Se-Kota Semarang.

Sebagai upaya meningkatkan jiwa Nasionalisme dan membentuk Karakter Bangsa, Dinas Pendidikan Kota Semarang menyelenggarakan Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) Tingkat SD dan SMP Se Kota Semarang. Lomba dilaksanakan pada tanggal 15-16 Oktober 2016 bertempat di Halaman Dalam Kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Lomba mengambil tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 88 dimana semangat yang digelorakan adalah semangat membentuk karakter dan jiwa nasionalisme pelajar di Kota Semarang melalui Revolusi Mental. Lomba dilaksanakan sebagai hasil seleksi di tingkat sub rayon untuk jenjang SMP dan hasil seleksi di tingkat kecamatan untuk jenjang SD. Untuk juara 1 jenjang SMP nantinya akan maju mewakili Kota Semarang ke kejuaraan tingkat provinsi sebagaimana juara 1 tahun 2015 yang lalu juga mewakili lomba tingkat propinsi.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Monitoring Pengembangan Drs. Taufik Hidayat, MT yang dalam hal ini mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang menyampaikan bahwa dengan lomba tata upacara bendera ini tidak hanya sebagai ajang lomba-lombaan saja. Tetapi sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda diharapkan membentuk jiwa nasionalisme siswa dan karakter siswa. Dengan dilaksanakan lomba ini juga sekaligus pembelajaran bagi kita semua bahwa tata atur pelaksanaan upacara bendera adalah seperti yang dilombakan. Ada 2 tata cara yang dikenal yaitu Tata Upacara Militer dan Tata Upacara Sekolah. Ada beberapa perbedaan yang mendasar dari keduanya. Oleh karena itu karena pelaksanaan upacara berada di lingkungan sekolah maka yang dipakai adalah Tata Upacara Sekolah. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi perdebatan satu dengan yang lain tentang aturan yang berlaku. Mengakhiri sambutannya Drs. Taufik Hidayat, MT mengucapkan SELAMAT BERLOMBA , BERKARYA, DAN BELAJAR….. BELAJAR, BELAJAR DAN BELAJAR. Tak lupa juga mengucapkan salam kebanggaan…. ABITA…ABITA…ABITA….MERAH…PUTIH…JAYA….

Keluar sebagai juara dalam kegiatan Lomba tata Upacara Bendera tersebut untuk jenjang SMP yang telah dilaksanakan tanggal 15 Oktober 2016 adalah : JUARA 1  dari SMP Negeri 13 dengan Skor 9.445. JUARA 2 dimenangkan oleh  SMP Negeri 1 dengan skor 9.410 serta  JUARA 3 diperoleh  SMP Negeri 11 dengan skor 9.340. Sedangkan untuk jenjang SD yang merupakan perwakilan dari masing-masing UPTD Pendidikan Kecamatan diperoleh kejuaraan sebagai berikut  JUARA 1 :  UPTD Ngaliyan (SD Ngaliyan 03) dengan skor 10.010. JUARA 2 : UPTD Semarang Selatan (SD Lamper Kidul 02) skor 9.490 dan JUARA 3 : UPTD Semarang Tengah ( SD Hj. Isriati ) skor 9.445.

Sumber : http://disdik.semarangkota.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *