Microwave
Microwave

Jangan Memasak atau Menghangatkan Makanan Pakai Microwave

Posted on

Microwave salah satu alat yang digunakan untuk memanaskan makanan ataupun substansi yang lain. Salah satu Elektronik yang dapat membuat kita memanaskan makanan. tetapi kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan microwave karena tidak semua makanan dapat menggunakan fasilitas dari microwave.

Microwave memang sangat berguna tetapi juga ada sisi negatifnya, karena paparan microwave sangat berkontribusi untuk terbentuknya zat Karsinogenik. Karsinogenik adalah sifat mengendap dan merusak terutama pada organ paru-paru karena zat-zat yang terdapat pada rokok. Sehingga paru-paru menjadi berlubang dan menyebabkan kanker

Jangan Memasak atau menghangatkan Makanan Pakai Microwave!!!. iya, jangan memasak ataupun menghangatkan makanan berikut :

  • Sayuran

Jangan menghangatkan sayuran hijau terutama seledri ataupun bayam. karena ketika makanan ini di hangatkan dengan microwave maka kandungan nitrat di dalam sayuran akan berubah menjadi racun. Ketika Sayuran dipanasakan di microwave nitrat akan menjadi nitrosamines yang bersifat karsinogenik.

  • ASI ( Air Susu Ibu )

Kenapa ASI tidak boleh di panaskan di microwave ?. Sebenarnya bukannya tidak boleh tetapi yang dikawatirkan adalah membuat sang buah hati kena luka bukar di karenakan microwave pemanasannya tidak merata sehingga menciptakan ” hot spot ” dan ketika buah hati kita meminumnya maka buah hati kita dapat terbakar di mulut dan tenggorokannya. Oleh karena itu lebih baik ketika kita ingin menghangatkan ASI kita dapat merendam botolnya di air hangat ataupun air keran yang hangat.

  • Telur

Telur sangat enak ketika dimakan selagi hangat. tetapi kita tidak boleh memanaskan telur menggunakan microwave, kenapa kita tidak boleh memanaskan telur dengan microwave ?. Karena memanaskan telur ke dalam microwave seperti membuat miniatur presto yang selallu menekan makanan didalamnya dan Alhasil Telur akan meledak.  Ketika telur meledak di microwave saya rasa tidak akan melukai seseorang tetapi jika telur itu sudah di sajikan lalu di dalam mulut langsung kaboommm.

  • Nasi

Ketika kita menanak nasi pasti menggunakan beberapa proses yang berfungsi untuk mematangkan beras dan membunuh bakteri . menurut Food Standart Agency, bakteri dalam beras akan tetap hidup ketika di panaskan dengan microwave dikarenakan pemanasan yang tidak merata. Bakteri yang masih hidup akan berkembang dan mengakibatkan perut sakit ( diare ).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *