Kelahiran dengan Vacuum
Kelahiran dengan Vacuum

HAKIKAT KELUARBIASAAN Part 2 : Penyebab dan Dampak Keluarbiasaan

Posted on

PENYEBAB DAN DAMPAK KELUARBIASAAN

  • PENYEBAB TERJADINYA KELUARBIASAAN

Penyebab keluarbiasaan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu :

  1. Penyebab Prenatal

Penyebab yang beraksi sebelum kelahiran. Artinya pada waktu janin  masih berada dalam kandungan, mungkin sang ibu terkena virus. Berdasarkan penyebab ini ibu – ibu hamil dituntut untuk kehati – hatiannya menjaga sang janin dimana untuk menghindari terjadinya keluarbiasaan.

  1. Penyebab Natal

Penyebab yang muncul pada saat atau waktu proses kelahiran, seperti terjadinya benturan atau infeksi ketika melahirkan, proses kelahiran dengan penyedotan ( di-vacuum ), pemberian oksigen yang terlampau lama bagi anak yang premature.

  1. Penyebab Postnatal

Penyebab yang muncul setelah kelahiran, misalnya kecelakaan, jatuh atau kena penyakit tertentu. Penyebab keluarbiasaan ini dapat dicegah dengan cara berhati – hati, selalu menjaga kesehatan, serta menyiapkan lingkungan yang kondusif bagi keluarga.

DAMPAK KELUARBIASAAN

  1. Dampak keluarbiasaan bagi anak ALB
  2. Dampak keluarbiasaan bagi Keluarga
  3. Dampak keluarbiasaan bagi Masyarakat
  • Dampak Keluarbiasaan bagi anak ALB

Keluarbiasaan yang dideritanya akan membawa dampak tersendiri. Jenis dan tingkat keluarbiasaan akan menentukan dampaknya bagi anak.

Keluarbiasaan yang diatas normal, yaitu anak yang mempunyai kemampuan luar biasa atau yang disebut anak berbakat, akan mempunyai dampak yang positif terhadap anak, namun anak tersebut tidak tertangani secara baik akan ada kemungkinan keluarbiasaan yang dimilikinya membuatnya menjadi sombong, merasa superior dan merendahkan teman – temannya.

Keluarbiasaan yang dibawah normal membawa dampak negatif bagi ALB yaitu kehilangan kepercayaan diri, merasa rendah diri, terhambat berbagai aspek perkembangannya.

Tingkat keluarbiasaan juga menghasilkan dampak yang berbeda bagi anak. Anak yang menderita keluarbiasaan yang bersifat ringan mungkin masih mampu menolong dirinya sendiri tetapi jika tingkat keluarbiasaannya tingkat berat ALB akan membutuhkan bantuan orang lain untuk membantunya mengatasi permasalahan yang dihadapinya.

Bagi ALB diatas normal akan mempercepat perkembangannya, akan tetapi bagi ALB dibawah normal menghambat perkembangannya.

  • Dampak Keluarbiasaan bagi Keluarga

Reaksi  / sikap keluarga terhadap keluarbiasaan yang menimpa salah satu anggota kelurga dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya tingkat pendidikan, latar belakang budaya, stastus sosial ekonomi keluarga, dan tingkat keluarbiasaan yang diderita.

Keluarga yang berpendidikan dan berasal dari latar belakang budaya tertentu mungkin akan menerima keluarbiasaan yang diderita oleh anaknya karena anak dianggap sebagai anugerah Tuhan yang wajib diberi kasih sayang. Bagi orangtua yang mempunyai status sosial yang baik akan sangat terpukul ketika anaknya mengalami keluarbiasaan dibawah normal. Lain halnya ketika anaknya mengalami keluarbiasaan diatas normal, mereka akan bangga dengan keberadaan anaknya.

  • Dampak Keluarbiasaan bagi masyarakat

Ada masyarakat yang bersimpati bahkan ikut membantu menyediakan berbagai fasilitas, adapula masyarakat yang acuh tak acuh bahkan ada yang ber sikap antipati sehingga melarang anak – anaknya bergaul dan berteman dengan ALB ( terutama ALB dibawah normal )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *