Peraturan Bangun Rumah
Peraturan Bangun Rumah

Cari Tahu Aturan bangun Rumah Yukk, Jangan di Langgar !!!.

Posted on

Aturan bangun Rumah

Setiap Orang Selalu mengidamkan sebuah rumah dalam hidupnya. mereka pasti mempunyai keinginan membangun rumah sesuai dengan keinginannya sendiri. mulai dari desain dan tata letak ruang dari rumah tersebut. Tetapi banyak juga yang menginginkan rumah yang terima jadi yaitu dengan membeli di perumahan.

Sekarang kita membahas bagi yang ingin membuat rumah sesuai dengan keinginannya sendiri. untuk membangun rumah kita harus melihat lingkungan sekitar tanah yang dibangun kita harus mengutamakan keselamatan penghuninya.

Dalam menerapkan Keselamatan sebenarnya pemerintah mempunyai dasar atau aturan mengenai bangun rumah. beberapa aturan yang harus di taati adalah :

  • Koofisien Dasar Bangunan ( KDB )

Koofisien dasar bangunan merupakan prosentase dari luas dasar terhadap luas dari lahan. Intinya kita hanya diperbolehkan membangun berapa persen dari luas lahan. Dimana di Indonesia diterapkan prosentase sebesar 60%. Misalkan kita mempunyai luas tanah 100 m2 maka luasbangunan yang di perbolehkan yaitu 100 x 60% = 60 m2.

  • Garis Sempadan Bangunan ( GSB )

Garis Sempadan Bangunan Merupakan Jarak Dinding terluar Bangunan dengan Batas Jalan sehingga anatara rumah dengan jalan terdapat ruang terbuka.Garis Sempadan Bangunan biasanya disesuaikan dengan Jenis Jalan yang ada.

  • Koofisien Luas Bangunan ( KLB )

Koofisien Luas Bangunan adalah faktor penentu berapa persegi total luas dari bangunan yang di izinkan. Kita Juga Harus menentukan berapa tingkat bangunan bisa dibuat. Misalkan KLB adalah 2 maka luas total Bangunan dengan Koofisien dasar Bangunan 60% maka KLB = 2 x 60 = 120 m2.

Itu adalah Peraturan yang pokok yang diatur oleh pemerintah. Jangan di langgar Yaw !!!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *