Kecanduan Smartphone
Kecanduan Smartphone

Cara Menghindari Kecanduan Smartphone

Posted on

Cara Menghindari Kecanduan Smartphone

Smartphone memang sangat bermanfaat buat kita yang sudah terbiasa menggunakannya. smartphone juga mendekatkan kita yang jauh dengan melakukan komunikasi baik itu media sosial maupun lewat telephone. Bagi anak kecil mereka hanya kecanduan dengan game saja sedangkan untuk kita yang sudah dewasa lebih parah lagi ada twitter, facebook, whatsapp, BBM, Line dll. Semuanya itu dapat mendekatkan orang jauh menjadi dekat.

Seringkali juga melihat orang tua yang sibuk dengan smartphonenya sedangkan anaknya bermain di pinggir jalan atau main deket dengan kolam. Adapula Orangtuanya Main game dengan smartphonenya sedangkan anaknya di suruh makan sendiri padahal anaknya masih berumur 3-5 tahun. Banyak sekali kejadian yang membuat hati ini tidak tega untuk melihatnya.

Smartphone memang sering membuat penggunanya menjadi ketagihan/kecanduan dengan rasa kecanduan ini banyak dampak negatif yang timbul salah satunya adalah menjauhkan yang dekat contohnya dengan anak atau saudara kita.

Beberapa Cara untuk menghindari Kacanduan Smartphone :

  • Bijaksana dalam menggunakan Smartphone

Bijaksana disini adalah kita menggunakan Smartphone seperlunya saja misalkan untuk keperluan telfon, ataupun untuk browsing. setelah mendapatkan yang kita inginkan sebaiknya smartphone diletakkan ataupun di simpan.

  • Temani anak melakukan aktifitasnya

Menemani anak memang sangat penting buat perkembangan dari sang anak oleh karena itu sering-seringlah untuk menemaninya melakukan aktifitasnya. sehingga perkembangan anak menjadi baik dan sangat positif. Kegiatan itu menjadi Positif juga bagi kita yang menemaninya.

  • Alihkan Ke kegiatan Olahraga

Alihkan kegiatan dengan smartphone dengan melakukan olahraga. melakukan olahraga bisa di gym ataupun di tempat yang lain yang sekiranya dapat berolahraga.

  • Alihkan Ke Kegiatan yang menarik.

Kegiatan yang menarik disini tergantung dengan siapa yang melakukannya misalkan buat perempuan dapat mengalihkannya dengan kegiatan memasak kalau untuk laki-laki bisa menyalurkannya ke hoby, biasanya bongkar pasang motor ataupun hobi yang lain.

  • Ikut Kegiatan Kampung

Sesekali ikut kegiatan kampung, biasanya kampung juga mempunya kegiatan yang rutin sehingga kita dapat berpartisipasi di dalamnya.

  • Lakukan Satu Hari Tanpa Smartphone ( Jika Mampu )

Lakukan Pembatasan diri dengan Satu Hari tanpa Smartphone ( Jika Mampu ), bagi yang mempunyai nyali biasanya berani untuk melakukan ini. atau emang gak mau di ganggu ( biasanya waktu libur ).

Semua Cara ini dapat berhasil atau tidaknya kembali ke personal masing-masing serta kamauan dari personal itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *