Cara Mengatasi Sembelit pada Anak
Cara Mengatasi Sembelit pada Anak

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak

Posted on

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak

Buah Hati kita merupakan anugerah yang terindah dalam hidup ini. seringkali kita dihadapkan dengan permaslahan yang berasal dari pola makan yang kita terapkan kepada buah hati kita atau kadangkala kita tidak sengaja melakukannya. Penyakit sembelit merupakan kebalikan dari diare dimana diare buang air besarnya ( BAB ) terlalu lancar sedangkan sembelit adalah terlalu sulit untuk buang air besar ( BAB ).

Sembelit, sebelum mengatasi sembelit sebaiknya kita mengetahui penyebab dari sembelit karena dengan mengetahui sebabnya maka kita dapat dengan mudah untuk mengatasi dari sembelit.

Penyebab Sembelit

  • Makanan

Makanan akan menjadi penyebab utama yang dapat mengakibatkan sembelit. Ketika buah hati kita mulai makan makanan padat maka buah hati kita akan rentan untuk mengalami sembelit.

  • Susu Formula

Susu Formula sangat berperan dalam penyumbang sembelit yang paling sering. karena susu formula membuat buah hati rentan juga mengalami sembelit. Oleh karena itu lebih baik anak di beri ASI karena ASI mudah di serap oleh tubuh. Sedangkan Susu Formula masih sulit untuk di cerna oleh buah hati.

  • Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang mengalami kekurangan cairan tubuh. Dehidrasi mengakibatkan sembelit karena feses dari buah hati kita keras.

  • Kondisi Medis

 Kadangkala Kita tidak tahu mengapa buah hati kita mengalami sembelit dimana tidak ada tanda-tanda yang lain dimana buah hati kita dapat mengalami sembelit, jika kita mengalami kondisi ini lebihbaik kita ke dokter spesial agar mengetahu penyebabnya. Kondisi Medis tertentu dapat mengakibatkan anak mengalami sembelit.

Cara Mengatasi Sembelit

  • Makan Makanan Berserat

Makan makanan berserat merupakan salah satu solusi yang dapat kita lakukan ketika buah hati kita sudah mulai makan makanan yang padat. Makanan yang mempunyai banyak air dapat di berikan juga buat buah hari kita agar tidak mengalami sembelit.

  • Beri Tambahan Air

Beri Tambahan air agar buah hati kita tidak mengalami dehidrasi. Tambahan air dapat membantu dalam menghindari sembelit. Tambahan air juga dapat membuat feses tidak keras.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *