Cara Mengatasi Anak Sering maen Game di Smartphone
Cara Mengatasi Anak Sering maen Game di Smartphone

Cara Mengatasi Anak Terlalu Sering Main Game di Smartphone

Posted on

Cara Mengatasi Anak Sering Maen Game di Smartphone

Zaman sekarang smartphone bukan lagi barang yang langka dalam kenyataan sebagian besar masyarakat mempunyai yang namanya Smartphone. Smartphone merupakan teknologi yang semakin hari semakin berkembang. Smartphone mempunyai dampak positif dan negatifnya. tetapi yang saat ini sering kita temui adalah dampak negatifnya oleh karena itu kita harus tahu literasi digital.

Kita lihat lingkungan sekitar kita, banyak anak kecil sudah membawa smartphone kemana-mana. sebenarnya apa yang dilakukannya dan dimana orang tuanya?. Kadangkala orang tua berfikir bahwasanya kalau takut anaknya ketinggalan zaman, gaptek dll. sebenarnya efek yang di takutkan adalah mengenai gapteknya tetapi kecanduan dengan Bermain dengan Smartphone itulah bahaya yang harus kita takuti. karena kecanduan ini dapat berakibat fatal buat kita dan anak kita.

Dengan dampak negatif yang muncul kita harus mencari cara untuk mencegahnya. beberapa cara yang dapat di gunakan adalah :

  • Simpan Semua Smartphone

Simpan semua smartphone yang biasa di mainkan oleh anak kita. jangan sampai ada rasa iba ketika mereka menangis (biasanya ibu-ibu yang gak tidak tega ) karena ini semua demi kebaikan dan masa depan mereka.

  • Giatkan Aktifitas Berolahraga

Bagi anak kita mereka senang kalau di ajak jalan-jalan atau berolahraga. ajak mereka berolahraga.

  • Kegiatan di Luar Rumah

Adakan kegiatan di luar rumah seperti ke taman, ke kebun binatang ataupun ketempat-tempat yang lain.

  • Lakukan Aktifitas Lain yang bermanfaat

Aktifitas lain yang dapat dilakukan adalah kegiatan yang mudah dan membuat mereka senang misalkan mewarnai, menggambar, menulis ataupun kegiatan yang lainnya.

Smartphone memang banyak dampak positif dan negatifnya oleh karena itu kita harus belajar Literasi Digital sehingga kita bisa memahami serta menerapkan literasi digital tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *