Stress
Stress

Beberapa Hal yang harus di hindari saat stress

Posted on

1.      Mengkonsumsi Minuman Beralkohol Secara Berlebihan

Walaupun mengkonsumsi minuman beralkohol pada saat sangat stress dapat membantu mengurangi rasa stress Anda, akan tetapi hal ini dapat membuat Anda memiliki kebiasaan buruk baru yaitu mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan (binge).

Selain itu, karena minuman beralkohol sebenarnya merupakan suatu zat depresan, maka Anda justru akan merasa jauh lebih buruk setelah Anda mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengkonsumsi minuman beralkohol. Jika Anda merasa sangat stress dan ingin mengkonsumsi minuman beralkohol, silakan saja, akan tetapi pastikan Anda tidak menjadi seorang alkoholik.

2.      Bertengkar

Bertengkar dengan pasangan atau anggota keluarga Anda yang lain juga merupakan sesuatu hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan, walaupun Anda sedang merasa sangat stress. Mereka bukanlah kantong pasir yang dapat Anda “pukuli” kapan saja Anda merasa stress dan kesal. Hal ini justru dapat membuat Anda merasa lebih buruk karena merasa bersalah setelah bertengkar.

3.      Kurang Tidur

Anda sangat sibuk dengan pekerjaan Anda hingga tidak mempunyai cukup waktu untuk tidur? Sebenarnya, tidur sangatlah penting dan kurang tidur justru dapat membuat Anda semakin stress. Oleh karena itu, daripada bergadang untuk menyelesaikan pekerjaan Anda akan lebih baik bila Anda tidur lebih cepat dan “mencharge” diri Anda sehingga Anda pun siap menghadapi berbagai kesibukan yang telah menanti Anda.

4.      Makan Berlebihan

Saat stress, Anda mungkin ingin langsung makan banyak untuk membantu memperbaiki mood Anda yang sedang buruk. Akan tetapi, hal ini justru dapat membuat Anda merasa lebih buruk setelahnya karena rasa menyesal yang Anda rasakan. Beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengatasi stress adalah alpukat, buah beri, dan kacang mede.

5.      Berbelanja Tanpa Berpikir

Berbelanja memang dapat membuat mood Anda lebih baik, akan tetapi tagihan kartu kredit yang datang di awal bulan depan mungkin akan membuat Anda jauh lebih stress daripada saat ini. Berolahraga dan berpergian bersama dengan teman merupakan cara yang lebih baik untuk mengatasi stress Anda daripada berbelanja.

6.      Menggunakan Obat-obatan Terlarang

Obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol tidak akan membuat Anda merasa lebih baik. Keduanya justru dapat menyebabkan terjadinya masalah lainnya. Cobalah untuk melakukan meditasi atau yoga untuk membantu mengurangi rasa stress Anda.

7.      Tidak Berolahraga

Memang terasa sangat menggoda untuk tidak berolahraga saat Anda merasa sangat stress, akan tetapi pada kenyataannya, di saat Anda merasa sangat stress, Anda justru sangat membutuhkan olahraga.

8.      Mengurung Diri di Rumah

Saat merasa sangat stress, Anda mungkin akan merasa tergoda untuk mengurung diri di rumah, jauh dari berbagai masalah yang harus Anda hadapi. Jika hal ini dikarenakan Anda membutuhkan waktu sejenak untuk memikirkan segala sesuatunya, maka Anda pun boleh melakukannya.

Akan tetapi, bila Anda hanya ingin kabur dari semua masalah Anda dan mengurung diri di rumah, maka sudah saatnya bagi Anda untuk memberitahu masalah Anda pada orang lain. Dengan demikian, Anda dapat mendapatkan bantuan dan dukungan yang Anda perlukan dari orang-orang di sekitar Anda.

9.      Mengkonsumsi Kafein Secara Berlebihan

Kafein juga merupakan sesuatu hal yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena justru dapat memicu terjadinya stress. Anda mungkin merasa sangat lelah dan membutuhkan tambahan tenaga, akan tetapi mengkonsumsi kafein secara berlebihan justru akan membuat Anda merasa lebih lelah. Oleh karena itu, batasilah konsumsi kopi Anda hanya 1-2 gelas di pagi hari dan hindari konsumsi kopi di sore dan malam hari.

www.dokter.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *