Bagaimana posisi bayi kita saat di dalam kandungan
Bagaimana posisi bayi kita saat di dalam kandungan

Bagaimana posisi bayi kita saat di dalam kandungan ?

Posted on

Bagaimana posisi bayi kita saat di dalam kandungan – Selama menjalani masa kehamilan, Anda akan merasakan pergerakan bayi di dalam kandungan. Hal ini sebagai salah satu ciri bahwa kehamilan Anda dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Selain itu, posisi bayi dalam kandungan senantiasa berubah setiap waktu sehingga kerap kali Anda akan merasakan gerakan di dalam rahim. Meskipun tidak semua bayi akan melakukan perubahan posisi tersebut.

Secara umum posisi tersebut lebih sering terjadi pada tahap akhir kehamilan atau mendekati waktunya persalinan. Nah, diantara beberapa posisi tersebut diantaranya yaitu posisi horizontal/melintang maupun posisi sungsang. Jika terjadi posisi sungsang maka dikhawatirkan terjadi cacat pada bayi dan mengalami kesulitan pada waktu persalinan.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui berbagai posisi bayi di dalam kandungan guna menambah wawasan dan pengetahuan seputar kehamilan.

Berikut Ini Bagaimana posisi bayi kita saat di dalam kandungan

Posisi sungsang

Salah satu posisi yang ditakutkan oleh kebanyakan ibu hamil yaitu posisi sungsang. Menurut hasil survey menyatakan bahwa dari 100 bayi yang dilahirkan, terdapat 4 – 5 bayi dengan posisi sungsang. Dikatakan sungsang karena posisi kepala bayi tidak berada dibawah, akan tetapi diatas sehingga kaki dan bokongnya berada di jalan lahir. Posisi tersebut sangat rentan menyebabkan bayi cacat dalam proses persalinan.

Memeriksakan kandungan secara teratur sangat penting dilakukan oleh setiap ibu hamil dalam upaya mendeteksi kemungkinan gangguan pada kehamilan. Jika diketahui bayi dalam posisi sungsang maka bisa dengan segera dilakukan beberapa prosedur medis guna mengubah posisi tersebut sebelum proses persalinan. Jika tidak memungkinkan maka dokter akan mengambil tindakan operasi caesar.

Bagi Anda yang sedang hamil supaya janin di dalam kandungan tidak sungsang maka lakukanlah beberapa latihan ringan seperti gerakan bokong atau pinggul untuk mnegubah posisi dari kepala janin. Yang terpenting adalah menghindari aktivitas yang membahayakan kehamilan dan biasakan rutin ke dokter.

Posisi kepala dibawah

Posisi yang satu ini merupakan posisi yang paling umum pada kehamilan normal. Perubahan posisi ini akan terjadi menjelang persalinan. Posisi kepala bayi akan mengarah kebawah menuju jalan lahir pada usia kehamilan 8 atau 9 bulan. Namun jika posisi tersebut terjadi apda bulan ke delapan sangat rentan menyebabkan kurangnya ruang di dalam rahim.

Posisi posterior

Secara umum bayi yang dilahirkan normal posisinya akan menghadap ke punggung ibunya. Akan tetapi bayi dengan posisi posterior justru sebaliknya, posisi wajah bayi menghadap ke perut sang ibu. Nah, posisi tersebut biasanya akan menyebabkan gejala nyeri punggung selama menjalani proses persalinan.

Posisi melintang

Posisi melintang terkadang ditemukan pada beberapa bayi. Kepala dan kaki bayi berada di bagian sisi kanan dan kiri dari tubuh sang ibu atau bahkan sebaliknya. Posisi ini memang terbilang sangat langka dan kemungkinannya sangat kecil. Posisi melintang akan menyebabkan bayi kesulitan untuk memutar arah sehingga rentan mengalami kecacatan secara struktural.

Nah, itulah Bagaimana posisi bayi kita saat di dalam kandungan. Pemeriksaan secara rutin sangat berguna untuk mengetahui posisi normal atau tidaknya menjelang persalinan. Posisi kehamilan sungsang masih bisa diusahakan dengan terapi khusus bantuan medis. Jika tidak memungkinkan maka akan dilakukan operasi caesar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *